Gerakan Hijrah: Pencarian Identitas Untuk Muslim Milenial di Era Digital

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengeksloprasi paradigma gerakan hijrah yang terjadi pada generasi muslim milenial di era digital melalui platform media sosial. Dengan menggunakan metode penelitian fenomenologiyang dilakukan pada gerakan pemuda hijrah yang dikenal dengan nama Shift. Partisipan dalam penelitian ini adalah pelaku hijrah, pendiri gerakan hijrah, juga keluarga dari pelaku hijrah. Penelitian ini dikaji melaluikonsep gerakan sosial sebagai salah satu perilaku kolektif, yang menjadikan gerakan hijrah pada generasi milenial menjadi fenomena baru dalam gerakan Islam di Indonesia yang menarik untuk dikaji. Temuan penelitian mencerminkan bahwa gerakan hijrah terjadi secara komunal melahirkan sebuah gerakan sosial berbasis keagamaan. Gerakan muslim milenial telah membangun identitas baru sebagai sebagai umat beragama yang taat pada aturan islam. Gerakan hijrah memiliki maksud menjadikan anak muda dekat dengan Al-Quran, shalat tepat waktu, giat mencari ilmu agama dan menebarkan syiar Islam melalui platformmedia sosial. Dalam aktivitasnya, anggota Shift terdiri dari berbagai anak muda dengan beragam golongan, seperti komunitas motor, skuter, skateboarder di sekitar Kota Bandung. Terlepas dari identitasnya sebagai pemuda pada umumnya, dengan keikutsertaan dalam gerakan hijrah ini adanya konstruksi identitas dan pembingkaian kultural mereka menjadi pemuda gaul namun taat dalam beragama.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Subjek
Sosiologi Agama, Sosiologi Islam, Sosiologi Gerakan Sosial, Identitas Diri
Disiplin Ilmu
Sosiologi
Referensi
  1. Addini, A. (2019). Fenomena Gerakan Hijrah di Kalangan Pemuda Muslim Sebagai Mode Sosial. Journal of Islamic Civilization, 1(2), 109–118.
  2. Amna, A. (2019). Hijrah Artis sebagai Komodifikasi Agama. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 331–350. https://doi.org/10.14421/jsr.v13i12.1531
  3. Anisa, F. (2018). Hijrah Milenial: Antara Kesalehan dan Populism. Maarif Institute, 13(2), 38–54.
  4. Corrigall-Brown, C. (2016). Funding for Social Movements. Sociology Compass, 10(4), 330–339. https://doi.org/10.1111/soc4.12362
  5. Denzin, N. K & Lincoln, Y.S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Duraesa, M. A., & Ahyar, M. (2019). Reproliferation of Islamist Movement in Surakarta: Trajectory and Strategy in The Post Democratization Indonesia. DINIKA : Academic Journal of Islamic Studies, 4(2), 201–224. https://doi.org/10.22515/dinika.v4i2.1637
  7. Fajriani, S. W., & Sugandi, Y. S. (2019). Hijrah Islami Milenial Berdasarkan Paradigma Berorientasi Identitas. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 76–88. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21643
  8. Fatoni, U., & Rais, A. N. (2018). Pengelolaan Kesan Da’i dalam Kegiatan Dakwah di Pemuda Hijrah. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 12(2), 211–222. https://doi.org/10.24090/komunika.v12i2.1342
  9. Goffman, E. (1974). Frame Analysis: An Essay on The Organization of Experience. New York: Harper & Row.
  10. Haenfler, R. (2019). Changing The World One Virgin at a Time: Abstinence Pledgers, Lifestyle Movements, and Social Change. Social Movement Studies, 18(4), 425–443. https://doi.org/10.1080/14742837.2019.1590691
  11. Haramain, M., Nurhikmah, N., Juddah, A., & Rustan, A. (2020). Contestation of Islamic Radicalism in Online Media: A Study with Foucault’s Theory on Power Relation. Proceedings of the 19th Annual International Conference on Islamic Studies, 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.1-10-2019.2291698
  12. Hew, W. W. (2018). The Art of Dakwah: Social Media, Visual Persuasion and The Islamist Propagation of Felix Siauw. Indonesia and the Malay World, 46(134), 61–79. https://doi.org/10.1080/13639811.2018.1416757
  13. Ibrahim, B. (2016). Memaknai Momentum Hijrah. STUDIA DIDKATIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 65–74.
  14. James, Elizabeth, & Hope, S. 2015.Muslim Millennial Attitudes on Religion & Religious Leadership. Uni Emirat Arab: Zogby Research Services, LLC.
  15. Khan, M. A. M. (2019). Islam as Identity: After a Century of Islamic Revivalism. In: Islam and Good Governance. In Islam and Good Governance. https://doi.org/10.1057/978-1-137-54832-0
  16. Lanti, I. G., Ebih, A., & Dermawan, W. (2019). Examining The Growth of Islamic Conservatismin Indonesia : The Case of West Java. RSIS Working Paper, (322), 1–27. Retrieved from https://dr.ntu.edu.sg/bitstream/handle/10220/49497/WP322_V2.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  17. Mahanani, P. A. R., & Putri, R. C. (2019). Representation and Negotiation of Women Syar’i Hijab Shaff Hijrah Community Through Instagram. The 10th IGSSCI (International Graduate Students and Scholars’ Conference in Indonesia) NEW Page 297 MEDIA AND THE CHANGING SOCIAL LANDSCAPE OF CONTEMPORARY SOCIETIES: How Are New Media Reshaping the Whole Aspects of Life of Contemporary Societies?, 297–309. https://doi.org/10.18502/kss.v3i20.4943
  18. Manski, B. (2018). Methodological Approaches to Movement Waves and the Making of History. In The Palgrave Handbook of Social Movements, Revolution, and Social Transformation(pp. 35–63). https://doi.org/10.1007/978-3-319-92354-3
  19. Merrill, S., Keightley, E., & Daphi, P. (2019). Introduction: The Digital Memory Work Practices of Social Movements. In The Palgrave Handbook of Social Movements, Revolution, and Social Transformation(pp. 373–397). https://doi.org/10.1007/978-3-319-92354-3
  20. Merrill, S., Keightley, E., & Daphi, P. (2020). Social Movements, Cultural Memory and Digital Media:Mobilising Mediated Remembrance. Retrieved from https://books.google.be/books?id=1a9GyQEACAAJ
  21. Millward, P., & Takhar, S. (2019). Social Movements, Collective Action and Activism. Sociology, 1–12. https://doi.org/10.1177/0038038518817287
  22. Milton-Edwards, B.(1992). The Concept of Jihad and The Palestinian Islamic Movement: A Comparison of Ideas and Techniques. British Journal of Middle Eastern Studies, 19(1), 48–53. https://doi.org/10.1080/13530199208705548.
  23. Morris, A. (2019). Social movement theory: Lessons from The Socilogy of W. E. B. Du Bois. Mobilization, 24(2), 125–136. https://doi.org/10.17813/1086-671X-24-2-125
  24. Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  25. Muntazori, A. F., & Sunarto, B. (2020). A Representation of Hijrah in Visual Da’wah Media on Instagram. IICACS : International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies, 174–184.
  26. Nas, A. (2016). Advertising Resistance? The Analysis of New Social Movements as Brand Communities. International Journal of Humanities and Social Science, 6(6), hlm. 136 –143.
  27. Porta, D. della, & Pavan, E. (2017). Repertoires of Knowledge Practices: Social Movements in Times of Crisis. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal, 1–35. https://doi.org/10.1108/00907320910934959.
  28. Pramesuari, Astrid (2020) Strategi komunikasi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran sebagai upaya menegakkan ajaran agama Islam dalam menentang perzinahan= Communication Strategy of Indonesia Tanpa Pacaran. (Skripsi). Universitas Pelita Harapan.
  29. Pramiyanti, A. (2019). Being Me on Instagram: How Indonesian Hijabers Reframed The Nexus of Piety and Modernity. Queensland University of Technology.
  30. Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2019). Konstruksi Makna Hijrah Bagi Anggota Komunitas Let’S Hijrah Dalam Media Sosial Line. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 14(1), 106–119. https://doi.org/10.31332/ai.v14i1.1253
  31. Riadi, B., & Drajat, D. (2019). Analisis Framing Gerakan Sosial: Studi Pada Gerakan Aksi Bela Islam 212. Holistik: Journal For Islamic Social Sciences, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  32. Raihanah, M. M. (2017). ‘World Hijab Day’: Positioning the Hijabi in Cyberspace. InSeen and Unseen: Visual Cultures of Imperialism(pp. 97-117). Brill.
  33. Rahmawati. (2018). Peran Akhlak Tasawuf Dalam Masyarakat Modern. Al-Munzir, 8(2), 229–246.
  34. Ramadhan, T. (2007). Muhammad Rasul Zaman Kita. Jakarta: Serambi.
  35. Rochimah, I. (2018). The Contribution of Social Support and Religious History on Religious Conversion: A Quantitative Study in South Tangerang. Proceedings of the International Conference on Diversity and Disability Inclusion in Muslim Societies (ICDDIMS 2017), 153, 67–72. https://doi.org/10.2991/icddims-17.2018.15
  36. Saputra, S., Pujiati, & Simanihuruk, M. (2020). Pengemasan Ideologi Dalam Gerakan Hijrah (Studi Kasus Gerakan Komunitas Sahabat Hijrahkuu di Medan). Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 4(1), 287–300.
  37. Setiawan, E., et al. (2017). Makna Hijrah pada Mahasiswa Fikom Unisba di Komunitas ('followers') Akun 'LINE@DakwahIslam'. MediaTor, 10(1), 97-108.
  38. Sunesti, Y., Hasan, N., & Azca, M. N. (2018). Young Salafi-Niqabi and Hijrah: Agency and Identity Negotiation. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 8(2), 173–198. https://doi.org/10.18326/ijims.v8i2.173-197
  39. Susilowati, I., Yunus, N. R., & Sholeh, M. (2019).Politics of Identity on Great 212’s Reunion. Dauliyah Journal of Islamic and International Affairs, 4(1), 58–79. https://doi.org/10.21111/DAULIYAH.V4I1.2933.
  40. Taufik, H. M., & Taufik, A. (2019). Hijrah and Pop Culture: Hijab and Other Muslim Fashions Among Students in Lombok, West Nusa Tenggara. Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, 8(2), 97–116.
  41. Uberman, M., & Shay, S. (2016). Hijrah According to the Islamic State : An Analysis of Dabiq. Counter Terrorist Trends and Analyses, 8(9), 16–20.
  42. Widhana, D. H. (2019). Tren Hijrah Anak Muda: Menjadi Muslim Saja Tidak Cukup. [Online]. Diakses dari: https://tirto.id/tren-hijrah-anak-muda-menjadi-muslim-saja-tidak-cukup-ds9k.
  43. Yunus, A. H. (2019). Hijrah: Pemaknaan dan Alasan Mentransformasikan Diri Secara Spiritual di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Emik, 2(1), 89–104.
  44. Zulhazmi, A. Z., & Hastuti, D. A. S. (2018). Da’Wa, Muslim Millennials and Social Media. Lentera, 2(2), 121–138. https://doi.org/10.21093/lentera.v2i2.1235