Pemaknaan Konsep Nrimo bagi Masyarakat di Wilayah Banjir Dusun Biting, Desa Kutorenon, Lumajang

Penulis

  • Aisha Vierginia Universitas Jember
  • Baiq Lily Handayani, S.Sos., M.Sosio Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i2.81

Kata Kunci:

Banjir, Falsafah Jawa Nrimo

Abstrak

Dusun Biting merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Lumajang yang sering dilanda banjir karena letak geografisnya yang berada ditengah-tengah aliran anak sungai Bondoyudo. Pernyataan tersebut diperkuat dengan rekor baru banjir terbesar di Kabupaten Lumajang yang terjadi di Dusun Biting dan sekitarnya pada tahun 2021. Akibatnya, masyarakat mengalami kerugian mulai dari segi ekonomi, fisik, hingga psikis. Akan tetapi, meski mengetahui bahwa wilayah tempat tinggalnya merupakan daerah rawan banjir, warga tetap memilih untuk bertahan dengan menghadapi kemungkinan banjir yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pemaknaan falsafah Jawa nrimo bagi masyarakat dalam menghadapi bencana banjir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Dusun Biting yang didominasi etnis Jawa memiliki sikap batin yang kuat sebagai bentuk resiliensi pasca bencana. Sikap tersebut merupakan bagian dari falsafah Jawa nrimo yang yakini sebagai petunjuk arah dalam menjalani kehidupan di dunia sesuai dengan nilai-nilai yang dianggap baik.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Cresswell, J. W. (2013). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Magnis, S. F. (1984:139). Etika Jawa: Sebuah Analisa Filsafati tentang Kebijakan Hidup Jawa. Jakarta: Gramedia.

Mulder, N. (1983). Kebatinan dan Hidup Sehari-Hari Orang Jawa. Jakarta: Gramedia.

Musman, A. (2021). Nrimo Ing Pandum: Cara Berbahagia ala Orang Jawa. Yogyakarta: Pustaka Jawi.

Pambudi, A. N. (2016). Hubungan Nilai Budaya Jawa Rukun dan Nrimo dengan Subjective Well-Being Suku Jawa. Skripsi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhamadiyah Malang.

Ritzer, G. (2016: 45-47). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.

Weber, M. (2009). Sosiologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan, P. (2012). Teori-Teori Sosial dalam Tiga Paradigma. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurniawan, A. (2019). Analisis Pengaruh Perubahan Penggunaan Lahan Terhadap Debit Limpasan pada Daerah Aliran Sungai Bondoyudo Kab. Lumajang dengan Metode Rasional. Jurnal Teknik ITS, 8(2), C59-C64.

Ayu, W. A. (2020). STRATEGI POLITIK ARYA WIRARAJA DALAM PEMERINTAHAN KERAJAAN LAMAJANG TIGANG JURU TAHUN 1295–1316 MASEHI. Avatara, 9(1).

Dewi, N. K. S., Suryatmaja, I. B., & Kurniari, K. (2021). Analisis Neraca Air Daerah Irigasi Tinjak Menjangan Pada Daerah Aliran Sungai (Das) Tukad Sungi Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Teknik Universitas Mahasaraswati Denpasar (JITUMAS), 1(2).

Wardana, W., & Nurdiyanto, N. (2020). Analisis Kinerja Sistem Daerah Irigasi Bendung Karet Winong Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Jurnal Konstruksi dan Infrastruktur, 5(4).

Jariah, A. (2020). The Quality Management Assistance Of Financial Governance On Ud “Dua Putra” Rice Mill Business In Kutorenon Sukodono. Empowerment Society, 3(1), 1-4.

Arimbi, R. Y., Sumiadi, S., & Winarta, B. (2022). Pemodelan Aliran Sungai Jatiroto Menggunakan Software HEC-RAS 5.0. 7. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sumber Daya Air, 2(2), 285.

Zagarino, A., Pratiwi, D. C., Nurhayati, R., & Hertati, D. (2021). Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Manajemen Bencana Erupsi Gunung Semeru Di Kabupaten Lumajang. Jurnal Syntax Admiration, 2(5), 762-773.

Luklukaningsih, Z. (2022). UJI DETERMINAN SIKAP KESIAPSIAGAAN PEREMPUAN DI DESA KAWASAN SEMERU SUMBER WULUH LUMAJANG DALAM MENGHADAPI ERUPSI DAN BANJIR LAHAR DINGIN. WIJoB-Widya Dharma Journal of Business, 1(2), 20-25.

Antoni, C. (2012). Wacana ruang. Penerbit Andi.

Safitri, R. P., Jumadi, J., Romadonika, F., & Pratiwi, E. A. (2021). Mencegah Trauma Pasca Bencana Gempa Bumi pada Anak dengan Terapi Rekreasional di Lombok Utara. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 93-98.

Unduhan

Diterbitkan

31/12/2022

Cara Mengutip

Pemaknaan Konsep Nrimo bagi Masyarakat di Wilayah Banjir Dusun Biting, Desa Kutorenon, Lumajang. (2022). Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 4(2), 87-95. https://doi.org/10.52483/ijsed.v4i2.81